Sabtu, 25 Oktober 2014

SEJARAH SISTEM INFORMASI



Assalammualaikum Wr.Wb
Nama              :Asriyani
Nim                 :1401016
Jurusan          :Sistem Informasi
Kelas               :Si.A
SEJARAH SISTEM INFORMASI
sejarah sistem operasi komputer Pada tanggal 12 Agustus 1981, IBM memperkenalkan revolusi baru di dunia komputer yaitu “personal komputer” lengkap dengan merek sistem operasi baru dari Microsoft, sistem operasi komputer 16-bit yang disebut MS-DOS 1.0. ini adalah awal dari sejarah sistem operasi komputer. Sistem operasi atau  “OS”  adalah perangkat lunak dasar komputer, yang penyimpanan, mengalokasikan, dan menyajikan antarmuka default ke pengguna antara aplikasi.
SEJARAH SISTEM OPERASI KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1951 – 1958)
Vacuum tabung elemen elektronik utama yang digunakan dalam komputer generasi pertama. Komputer awal, sementara berguna, masih cukup bisa diandalkan. Tabung vakum yang dihasilkan begitu banyak panas yang air pendingin diperlukan. Bahkan dengan sistem pendingin, komputer yang membutuhkan konstan perbaikan.
Remington Rand disampaikan UNIVAC pertama saya ke Biro Sensus Amerika Serikat pada tahun 1951. Ini menandai pertama kalinya sebuah komputer elektronik telah dibangun untuk aplikasi pengolahan data daripada satu militer. Pada 1952, Biro Sensus telah memperoleh tiga UNIVACs, yang mengungsi banyak peralatan kartu punched bahwa IBM telah menjual Biro. Presiden baru Thomas Watson Jr IBM IBM diarahkan menuju komputer elektronik dan jauh dari Electro Mechanical Equipment Punched.
Komputer Generasi pertama digunakan tabung vakum untuk penyimpanan data di ALU (Arithmetic Logic Unit dan) dan CU (Control Unit) unit serta dalam Memori Primer. Pada akhir era ini, Cores cepat Magnetic digunakan untuk Memory Primer.
Software
Komputer Generasi pertama telah sangat minim, jika ada, sistem operasi. Sebaliknya operator manusia dimuat setumpuk kartu yang berisi program dan data, yang diproses sebagai batch. Komputer militer seperti SAGE Pertahanan Udara System, menyebabkan perangkat lunak sistem baru mampu menangani entri data jarak jauh dan untuk menghubungkan sistem komputer bersama-sama dalam jaringan. Semua komputer yang diarahkan oleh instruksi bahasa mesin. Setiap instruksi mengambil bentuk serangkaian angka biner. Komputer pertama seperti ENIAC, benar-benar langsung diprogram dalam bahasa mesin, yang sangat sulit dan memakan waktu. Pada awal 1950-an, meskipun sebagian besar pemrograman sedang dilakukan dalam bahasa assembly di mana singkatan menggantikan digit biner bahasa mesin. Program bahasa assembly sering diterjemahkan dengan instruksi bahasa mesin oleh perangkat lunak sistem yang dikenal sebagai Assembler. Kedua bahasa perakitan mesin membutuhkan programmer untuk bekerja pada tingkat sirkuit elektronik komputer.
Pada tahun 1954, sekelompok ilmuwan IBM yang dipimpin oleh John Backus mulai bekerja pada desain sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk komputasi ilmiah. Bahasa ini disebut sebagai FORTRAN. Dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, instruksi program diarahkan pada masalah yang dipecahkan daripada komputer di mana program dijalankan. Akibatnya instruksi program tunggal mungkin merupakan serangkaian instruksi bahasa mesin. Bagian penting dalam bahasa tingkat tinggi adalah bahwa mereka harus “diterjemahkan” ke dalam bahasa mesin. Hal ini dilakukan oleh program perangkat lunak sistem yang disebut Compiler.


SEJARAH SISTEM OPERASI KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959 – 1963)
Penampilan pada tahun 1959 yang pertama sistem komputer transistorized meluncurkan generasi kedua komputer. Pada tahun 1960 Digital Equipment Corporation (DEC) memperkenalkan komputer mini pertama. Komputer mini ini berbeda dari sistem komputer biasa dalam beberapa cara. Mereka adalah kecil dan juga dibangun untuk tujuan khusus. Mereka dapat melakukan bahkan dalam lingkungan yang keras dengan kontrol iklim sedikit diperlukan. Juga mereka yang lebih murah. Dengan perbaikan ini, sistem komputer mulai digunakan di lingkungan baru seperti Laboratorium dan Pabrik. Peristiwa terkenal lainnya di era ini adalah
  1. IBM mulai bekerja pada Sistem 360 seri Komputer.
  2. Peluncuran satelit komunikasi Telstar.
Hardware
Meskipun komputer generasi kedua menggunakan transistor untuk sebagian besar pengolahan sirkuit, inti magnetik masih digunakan untuk memori utama. Sebagian besar data dan program yang dimasukkan ke dalam komputer dari pita magnetik.
Software
Yang pertama sistem operasi real muncul selama periode ini. Selain meningkatkan efisiensi sistem komputer, sistem operasi ini membawa bentuk-bentuk baru pengolahan data seperti
  1. Pengolahan Interaktif
  2. Pengolahan Waktu Nyata
  3. Time Sharing Pengolahan
Perkembangan utama dalam Bahasa Pemrograman selama periode ini adalah
  1. COBOL (Common Language Berorientasi Bisnis)
  2. BASIC (Beginners All tujuan Symbolic Instruction Code)
  3. PL / 1 (Programming Language One)

SEJARAH SISTEM OPERASI KOMPUTER KETIGA GENERASI (1964 – 1970)
Pada tahun 1964 IBM memperkenalkan enam komputer yang membentuk Sistem 360 keluarga sistem komputer. Dengan perangkat lunak mengendalikan semua aspek operasi komputer, peningkatan efisiensi dan kegagalan kurang sering. Sebagai perusahaan hasil menjadi lebih bersedia untuk bergantung pada sistem komputer untuk menangani semua kebutuhan pengolahan informasi mereka.
Perkembangan utama adalah
  1. Perkembangan magnetik pita jenis penulis memungkinkan bagi juru ketik untuk menyimpan dan mengambil dokumen.
  2. Keberhasilan DECs dengan PDP-8 nya komputer mini mendorong perusahaan lain untuk memasuki segmen komputer mini dari industri komputer.
  3. Menanggapi kemungkinan US Department of Justice tindakan antitrust, IBM “tidak mengikat” perangkat lunaknya.
Hardware
Pada tahun 1964, beberapa transistor dan inti magnetik telah digantikan oleh Sirkuit Terpadu
Software
Sistem Operasi terus tumbuh dalam kekuasaan. Bahasa pemrograman lainnya juga dikembangkan. IBM mengembangkan RPG (Report Program Generator) untuk membantu usaha kecil beralih dari kartu menekan untuk komputer elektronik. Pada tahun 1971, Nicholas Wirth mengembangkan bahasa PASCAL. Ini adalah bahasa pemrograman pertama yang menggunakan konsep pemrograman terstruktur.



SEJARAH SISTEM OPERASI KOMPUTER KEEMPAT GENERASI
(1971 – SEKARANG)
Alih-alih memiliki satu sirkuit elektronik sederhana dalam sebuah chip silikon, teknologi integrasi skala besar (LSI) menempatkan banyak sirkuit dalam sebuah chip tunggal. Selama ini generasi keempat komputasi, teknologi LSI telah ditingkatkan ke tempat ratusan pertama, kemudian ribuan dan sekarang ratusan ribu komponen elektronik yang diproduksi sebagai sebuah chip tunggal. Istilah Very Large Scale Integration (VLSI) digunakan ketika mengacu pada ini kepadatan chip yang sangat tinggi.
Sebuah perkembangan utama dari generasi keempat komputer adalah pengembangan Mikroprosesor pada tahun 1971. Pada musim panas 1969, Busicom, Kalkulator Produsen Jepang, mendekati INTEL dengan kontrak untuk merancang satu set chip untuk keluarga baru dari kalkulator. Setidaknya 12 chip yang diperlukan dalam rencana awal BUSICOMs. Pada Intel ini 12 chip whittled ke 4, salah satunya, Intel 4004 Mikroprosesor, yang berisi semua logika dan sirkuit kontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar